6 Alasan Berkarir Menjadi Tour Guide

tour guide

Berkarir menjadi tour guide (pemandu wisata) adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan sekaligus dapat menghasilkan uang. Apalagi jika Anda tinggal di daerah atau negara yang menjadi tujuan para wisatawan. Di Indonesia, banyak daerah yang menjadi tujuan para wisatawan seperti Bali, Yogyakarta, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Papua dan masih banyak lagi yang lain.

Daerah tersebut menjadi tujuan wisata baik oleh turis domestik maupun mancanegara. Hal ini dapat menjadi sebagai peluang bisnis bagi Anda yang ingin mengembangkan karir yang sesuai dengan minat atau hoby serta kemampuan yang Anda miliki.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat dijadikan alasan Anda untuk berkarir menjadi seorang tour guide yaitu :

  1. Banyak Teman

Tour guide merupakan profesi yang sangat ideal untuk Anda yang ingin memiliki banyak teman. Tiap bertugas, Anda sebagai tour guide pasti akan bertemu dengan banyak wisatawan yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Jika dalam melaksanakan tugasnya Anda tidak kaku, bahkan bisa sambil bersenda gurau dengan wisatawan yang sedang Anda handle maka para wisatawan tersebut akan menjadi kenalan dan bahkan sahabat Anda.

  1. Menambah Wawasan

Seorang tour guide haruslah mempunyai wawasan yang luas. Kemampuan untuk bergaul dengan wisatawan yang mempunyai latar belakang berbeda-beda sangat ditunjang oleh pengetahuan umum yang memadai. Tidak hanya pengetahuan tentang destinasi wisata ataupun P3K saja tetapi juga dapat diajak ngobrol dengan topik apapun. Oleh karena itu, wajar bila banyak wisatawan yang kagum dengan tour guide yang memandunya.

Selain pengetahuan umum yang dipelajari oleh seorang tour guide secara mandiri, wawasan juga akan terus bertambah seiring dengan semakin bertambahnya jam terbang. Bisa saja di tengah-tengah perjalanan, ada wisatawan yang bercerita mengenai daerah asalnya ataupun topik lain yang mungkin belum Anda ketahui itu yang menyebabkan wawasan semakin luas dan bertambah.

  1. Mendapat Uang

Ketika bertugas menjadi tour guide, Anda pasti akan dibayar oleh pihak agen tour dan travelnya. Selain dibayar oleh agen tour guide juga terkadang akan mendapatkan tips dari para wisatawan jika dianggap bekerjanya memuaskan.

  1. Membangun Relasi

Karena hubungan antara tour guide dan wisatawan bisa sangat dekat, maka kemungkinan untuk mendapatkan relasi dari wisatawan yang dipandu akan menjadi sangat besar. Seorang tour guide juga bisa mendapat relasi dari agen perjalanan tempat mereka bekerja. Apalagi jika sebagai tour guide freelancer atau tour guide lepas, maka dapat dipastikan tour guide tersebut pernah bekerja di lebih dari satu agen perjalanan wisata.

Semakin banyak wisatawan yang di-handle dan semakin banyak agen perjalanan wisata yang pernah menjadi tempat kerja, maka kesempatan untuk membangun relasi juga akan semakin besar.

  1. Ikut Berperan dalam Mengembangkan Pariwisata Indonesia

Sedikit sekali orang yang sadar tentang betapa pentingnya peran tour guide dalam perkembangan sektor pariwisata di suatu negara. Tour guide adalah ujung tombak pariwisata. Hal ini dikarenakan peran tour guide adalah sebagai fasilitator ataupun orang yang menjadi penghubung antara wisatawan dengan daya tarik wisata di suatu wilayah atau daerah.

Tour guide akan memberikan penjelasan mengenai keunikan suatu daerah dengan lebih jelas dan menyenangkan kepada wisatawan, sehingga kepuasan wisatawan selama perjalanan wisata juga semakin bertambah.

  1. Berwisata Gratis

Selain dapat hal-hal seperti di atas yang tidak kalah menarik yang akan Anda dapatkan sebagai seorang tour guide adalah bisa jalan-jalan gratis ke tempat yang sudah pernah Anda datangi maupun yang belum Anda datangi.

Demikian beberapa alasan mengapa Anda berkarir menjadi tour guide semoga bermanfaat.

..:::Jika Bermanfaat, Silahkan Share!:::..