Hotel & Ruang Lingkupnya

ruang-lingkup-dan-sejarah-hotel-4-638

PENGERTIAN HOTEL & RUANG LINGKUP PERHOTELAN

Berikut ini dikutip beberapa Pengertian Hotel :

  1. Menurut kamus Oxford, The advance learnepenyajianr’s Dictionary adalah: “Building where meals and rooms are provided for travelers.” Yang dapat diartikan sebagai gedung (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.

  1. Menurut SK Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. no.KM 37/PW.340/MPPT-86 tentang peraturan upaya dan penyelenggaraan hotel menyebutkan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh gedung untuk menyediakan layanan penginapan, makanan dan minuman serta layananpenopang lainnya bagi umum yang dioprasikan secara menglanakan.

  1. Menurut the American Hotel and Motel Association (AHMA) sepertimanadikutip oleh Steadmon dan Kasavana: A hotel may be defined as an establishment whose primary business is suply lodging facilities for the general public and which outfit one or more of the following services: food and beverage service, room attendant service, make uniform service, Laundering of linens and use of furniture and fixtures.

Yang dapat diartikan sebagai berikut:

Hotel dapat diartikan sebagai sebuah gedung yang dioprasikan secara menglanakan dengan memberikan fasilitas penginapan untuk umum dengan fasilitas penyajian sebagai berikut: penyajian makan dan minum, penyajian kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan prasarana dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.

Hotel adalah suatu perupayaan yang dioprasikan oleh pemiliknya dengan menyediakan penyajian makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan kunjungan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan penyajian yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

Dengan memulai pada pengertian-pengertian tersebut di atas, dan untuk penggolongan hotel di Indonesia, pemerintah menurunkan peraturan yang dituliskan dalam surat keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. , bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh gedung untuk menyediakan layananpenyajian, penginapan, makan dan minuman serta layananpenopang lainnya bagi umum yang dioprasikan secara menglanakan.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa hotel adalah:

  1. Suatu jenis akomodasi
  2. Menggunakan gedung fisik.
  3. Menyediakan layanan penginapan, makanan dan minuman serta layanan lainnya
  4. Diperuntukkan bagi umum
  5. Dioprasikan secara menglanakan, yang dimaksud dengan dioprasikan secara menglanakan adalah : dioprasikanh dengan memperhitungkan lana atau ruginya, serta yang utama adalah bertujuan untuk mendapatkan kelanaan berupa uang sebagai tolak ukurnya.

  1. Ruang Lingkup Upaya Perhotelan

Hotel merupakan wadah yang menyediakan sarana tempat tinggal sementara (akomodasi) bagi umum, yaitu : orang-orang yang datang dengan berbagai warna tujuan, maksud serta keperluan ke daerah di mana hotel bertempat tinggal.

Hotel memilih tempat tinggalnya di tempat-tempat atau di lingkungan daerah yang memiliki kapasitas untuk dikunjungi, seperti panorama, adat istiadat masyarakat, social, budaya, sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, keagamaan dan pusat kegiatan spiritual dan lain-lain.

Hotel sebagai tempat tinggal sementara harus dapat merefleksikan pola kebudayaan masyarakatnya dalam arti yang luas.

Hotel diharapkan dapat merefleksikan suasana tempat tinggal yang dinamis, kreatif, serta dapat menciptakan suasana yang homogeny di tengah-tengah suasana yang beraneka warnadi daerah di mana hotel berlokasi.

III. Fasilitas Upaya Hotel

Hotel merupakan bagian yang integral dari upaya pariwisata yang menurut Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. disebutkan sebagai suatu upaya akomodasi yang dimenglanakankan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut :

  1. Kamar tidur (kamar tamu)
  2. Makanan dan minuman
  3. Penyajian-penyajianpenopang lain seperti :
  4. Tempat-tempat rekreasi
  5. Fasilitas olah raga
  6. Fasilitas laundry, dsb

Hotel merupakan upayalayananpenyajian yang cukup rumit penyelenggaraannya, dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh tamu-tamunya selama 24 jam (untuk klasifikasi hotel berbintang 4 dan 5). Di samping itu, upaya perhotelan juga dapat menopang kegiatan para upayawan yang sedang melakukan kunjunganupaya ataupun para wisatawan pada waktu melakukan kunjungan untuk mengunjungi daerah-daerah tujuan wisata, dan memerlukan tempat untuk menginap, makan dan minum serta hiburan.

Di samping itu seringkali disediakan sarana penopang seperti: fasilitas olahraga, bisnis centre, kolam renang, musik hidup,dan jenis atraksi lainnya. Layanan yang ramah mulai dari pimpinan atas sampai dengan karyawan pelaksana diperlukan untuk memberikan kebahagian kepada setiap tamu.

Adapun fasilitas yang di miliki hotel biasanya sebagai berikut :

– Layanan penginapan

– Penyajian makan dan minum

– Layanan laundry

– Layanan bawa’an

– Layanan penggunaan perabot dan lainnya

– Layanan menyediakan kebutuhan bagi wisatawan yang bermalam di hotel

  1. Departemen Dalam Hotel
  1. Room Departement:
  • Front Office, berperan dalam memberikan penyajian pada bagian depan hotel
  • Room Division, berperan dalam administrasi yang berkaitan dengan kamar
  • Housekeeping, berperan dalam masalah penyiapan dan pembersihan kamar
  • Reservation, berperan menerima reservasi dari tamu dan agen
  • Roommaid/Roomboy, berperan menyiapkan dan membersihkan kamar
  • Bellboy, memberikan penyajian mengantar & membawa barang tamu
  • Operator, berperan memberikan penyajian melalui telepon

  1. Food & Beverage Departement:
  • Cook, berperan menyiapkan menu sesuai pesanan dan bertugas pd F & B produksi
  • Steward, berperan membantu cook membersihkan peralatan dapur
  • Waiter/Waitress, berperan memberikan penyajian pd tamu dan bertugas pada F & B service

  1. Accounting Departement:
  • General Cashier, berperan mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran kas dan bertugas pada back office
  • Income auditor, berperanmengadukan pendapatan hotel dan bertanggung jawab atas pengendaliannya
  • Credit, berperan melakukan analisa kredit kredit dan kebutuhan modal kerja hotel
  • Staff (accounting Receivable, Acconting Payable), berperan membantu pengadministrasian piutang dan hutang
  • Marketing/Sales, berperan dalam administrasi penjualan hotel
  • Personnel, berperan dalam administrasi karyawan hotel

  1. Monor Departemen:

o Operator, berperan memberikan pelayan telepon

o Laundry, berperan memberikan pelayan laundry

o Sport, berperan memberikan penyajian fasilitas olahraga

o Sauna dan lain-lain

  1. Fungsi Lain:

o Purchasing, berperan melakukan pembelian barang keperluan hotel

o Security, berperan menjaga keamanan hotel

o Houseman, berperan melakukan pembersihan area luar kamar

 

..:::Jika Bermanfaat, Silahkan Share!:::..