Keuntungan Berkarir di Sektor Pariwisata

berkarir-di-sektor-pariwisata

Berkarir di sektor Pariwisata sekarang sudah menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Karena sektor pariwisata mencakup dari segala aspek pekerjaan, bisa dari kerja di hotel, agen perjalanan, pelayan restoran, pemandu wisata dan masih banyak lagi yang lain.

Berikut ini beberapa keuntungan berkarir di sektor pariwisata yaitu :

  1. Dapat bekerja dengan orang-orang yang luar biasa

Bekerja di sektor pariwisata tidak hanya mengandalkan kemampuan otak saja. Bisnis pariwisata merupakan sektor industri yang mengandalkan hubungan dengan orang sebagai wisatawan, tamu maupun pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak di Sektor Pariwisata biasanya selalu merekrut orang-orang dengan kemampuan interpersonal yang luar biasa, orang yang ramah dan memiliki kepribadian yang baik. Karenanya Anda sebagai mahasiswa atau lulusan dari sekolah pariwisata mempunyai kesempatan yang sangat bagus untuk bekerja dengan orang-orang luar biasa tersebut.

  1. Mendapatkan keterampilan yang bisa digunakan secara global

Prinsip kerja yang Anda lakukan di restoran di Indonesia akan sama dengan pekerjaan yang dilakukan di restoran seluruh dunia. Oleh karena itu, jika Anda sudah terampil dalam satu bidang (misalnya sebagai waiter / waitress), tentu akan sangat mudah untuk melamar pekerjaan di bidang yang sama di seluruh dunia.

Mungkin Anda hanya perlu menambahkan sedikit sentuhan bahasa asli di negara yang ingin dituju. Tapi yang pasti Anda sudah menguasai prinsip dasar yang diperlukan. Bukan hanya itu, keterampilan yang Anda dapat dari bekerja di sektor pariwisata dapat juga digunakan untuk bekerja di sektor lain. Jadi tidak masalah jika merasa bekerja di sektor pariwisata bukanlah tujuan utama.

  1. Mendapatkan pengalaman baru setiap hari

Bekerja di bisnis yang berhubungan dengan banyak orang akan memberikan Anda pengalaman baru dan kemampuan dalam mengontrol diri. Misalnya saja, ketika Anda sudah bersiap-siap untuk beristirahat pada jam makan atau jam kerja sudah hampir selesai, tapi tiba-tiba ada telepon dari tamu yang meminta bantuan Anda atau ada event dadakan dan manajer meminta Anda untuk menunda istirahat atau jam pulang. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan di sini jugalah kemampuan Anda dalam mengontrol diri sangat di utamakan.

  1. Menjadi lebih kreatif

Restoran, hotel maupun agen perjalanan biasanya akan selalu menawarkan produk, paket maupun pengalaman baru kepada tamu ataupun pelanggannya secara berkala. Hal ini tentu memerlukan kreatifitas yang tinggi untuk bisa selalu berinovasi dan berkreasi. Dalam hal ini, karyawan pun biasanya akan diminta saran dan ide-idenya. Di sinilah Anda dilatih untuk menjadi kreatif dalam mengolah ide-ide baru.

  1. Lebih mudah dalam percepatan karir

Pergantian karyawan pada sektor pariwisata sangat cepat dibandingkan dengan sektor lainnya. Bagi sebagian orang, ini tentu hal yang menakutkan dan membuat was-was. Namun, tahukah Anda bahwa ini merupakan suatu kondisi untuk mempercepat karir. Salah satu cara yang paling simple adalah dengan tetap “setia” kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Beberapa hotel dan resort akan merekrut karyawan musiman atau bisa disebut dengan casual maupun daily worker ketika masa-masa liburan. Jadilah salah satu karyawan yang tetap “setia” bekerja di hotel maupun resort tersebut selama musim liburan (apalagi jika belum berkeluarga), maka kesempatan anda untuk mendapatkan promosi jabatan akan lebih besar dibandingkan karyawan lain yang mengambil cuti ketika masa liburan.

  1. Jadwal yang fleksibel

Kebanyakan restoran dan hotel mencari karyawan yang bisa bekerja pada siang maupun malam hari secara fleksibel. Jika Anda adalah orang yang bisa siap bekerja dengan ritme yang dinamis, maka Anda akan sangat cocok untuk terus berkarir di sektor pariwisata ini. Karir Anda akan cepat berkembang.

Demikian info tentang keuntungan berkarir di sektor pariwisata semoga bermanfaat.

..:::Jika Bermanfaat, Silahkan Share!:::..