Tips Traveling Budget Ngepas

backpacker

Keterbatasan uang kadang membuat kita sering murung dan bersedih. Sementara hasrat untuk jalan-jalan selalu menghampiri kita, segala hal harus dipertimbangkan dengan baik. Hal itu kita lakukan agar  rencana berjalan tanpa harus menghabiskan uang kita  setelah jalan jalan.

1. Destinasi mainstream itu mahal dan sangat banyak pengunjungnya. Sebagai traveler  yang hemat dana, kenapa gak ciptakan tujuan destinasi  sendiri saja yang sejalan dengan tujuan lain.

Destinasi mainstream dan masuk ke buku panduan perjalanan sekilas memang terlihat menggoda. Berhubung sudah banyak orang yang tahu dan ingin pergi ke sana, berbagai harga di destinasi tersebut juga bisa melonjak dengan tinginya.

Nah, kalau memang dana terbatas kenapa gak memilih dari destinasi mainstream dan menciptakan jadwal  sendiri ke destinasi non-mainstream yang gak kalah seru? Hutan pinus yang terletak di dekat air terjun yang dipadati pengunjung. Gereja yang desainnya terasimilasi dengan kultur asli daerah itu sebenarnya jauh lebih menarik dari pantai yang mulai kotor karena ribuan pengunjung tiap minggu.

Dengan dana yang terbatas harusnya membuatmu lebih bisa untuk menentukan destinasi yang jauh dari standar. Malah pengalaman perjalananmu akan makin besar ‘kan?

2. Urusan tiket dan akomodasi jadi pengeluaran yang paling menghabiskan dana. Yakinkan  kamu memesan di tempat yang murah dan terpercaya

Tiket perjalanan dan urusan akomodasi harus diakui paling menyedot dana sepanjang perjalanan. Bisa-bisa dua keperluan ini menghabiskan budgetmu sampai setengahnya. Kalau tidak dipersiapkan dengan cermat sesungguhnya keringnya kantung sudah di depan mata.

3. Lakukan Perjalanan dengan EO trip organizer bisa jadi opsi penghemat dana. Pergi bersama bisa lebih murah daripada pergi sendiri saja

Open trip yang banyak ditawarkan oleh trip organizer bisa jadi salah satu opsimu untuk menghemat dana. Jangan menolak dulu pergi bersama orang-orang yang belum kamu kenal sebelumnya. Justru dengan begini pergaulan dan kenalanmu akan makin luas pula ‘kan?

Dalam trip macam ini pihak penyelenggara perjalanan biasanya sudah punya vendorlangganan yang berani menawarkan harga bersaing. Terlebih jika kamu pergi dalam rombongan besar, vendor di destinasi tujuan akan makin loyal memberikan potongan.

Jika memang berniat untuk pergi sementara uang masih belum banyak, tak ada salahnya mulai rajin mencari di internet  berbagai trip  yang ditawarkan di banyak forum pejalan. Pastikan saja kamu memilih trip organizer yang terpercaya dengan mengamati testimoni pejalan lain yang sudah join sebelumnya.

4. Berangkat dari kota dengan banyak pilihan keberangkatan memberimu pilihan yang lebih banyak. Tidak apa jika sedikit memutar

Saat ingin ke Derawan atau ke Rinjani dari kota asalmu, Jogja jangan terpatok harus berangkat dari bandara kota asalmu berada. Justru dengan keterbatasan dana yang kamu miliki, harus bijak  mencari peluang agar biaya tiket bisa ditekan sedemikian rupa. Berangkat dari kota  dengan banyak pilihan keberangkatan jadi salah satu caranya.

Tidak ada salahnya jikalau kamu harus ke Surabaya dulu naik bus malam seharga delapan puluh ribuan, atau naik kereta ekonomi ke Jakarta demi memulai perjalanan dari sana? Tiket yang sebelumnya sudah kamu pesan juga pasti lebih murah harganya. Signifikan deh penghematan yang kamu lakoni. Nggak jadi bokek lagi sepulang traveling kali ini.

..:::Jika Bermanfaat, Silahkan Share!:::..